The Creation Of Adam (1511) By Buonarroti Michelangelo

The Creation Of Adam (1511) By Buonarroti Michelangelo
Manusia selalu mencari jawaban atas pertanyaan yang tak pernah selesai : Kenapa Tuhan menciptakan manusia ?

Jumat, 03 Agustus 2012

Pameran Lukisan Raden Saleh

Tanggal 17 Juni 2012, saya berkunjung ke pameran lukisan tunggal Raden Saleh di Galeri Nasional, Jakarta Pusat. Tulisan ini sangat telat saya posting, karena tak sempat. Pameran ini merupakan pameran lukisan Raden Saleh untuk yang pertama kalinya diadakan di Indonesia, dengan mengambil tajuk 'Raden Saleh dan Permulaan Lukisan Indonesia Modern'. Pameran diadakan selama tanggal 3-17 Juni 2012. Acara ini juga bertepatan dengan 200 tahun kelahiran Raden Saleh. Ada sekitar 40 lukisan cat minyak dan 20 gambar yang dipamerkan. 

Raden Saleh memang pelukis legendaris Indonesia yang dilupakan bangsanya sendiri. Ia justru banyak dikenal & diteliti oleh pengamat asing. Bahkan pameran lukisan ini diselenggarakan oleh Goethe Institut, lembaga kebudayaan Jerman. Kurator lukisan Raden Saleh pun juga berkebangsaan Jerman, yaitu Werner Kraus. Kraus adalah sejarawan Jerman yang meneliti Raden Saleh selama bertahun - tahun dan menulis biografinya. 

Raden Saleh hidup di abad 19 (1807-1880), 25 tahun kehidupannya dihabiskan di beberapa negara Eropa dalam program pendidikan seni yang dibiayai oleh pemerintah kolonial Belanda. Lukisan - lukisannya juga banyak dipajang di gedung - gedung kerajaan Eropa yang sempat ia sambangi selama hidupnya. Ia menjadi seorang bangsawan besar ketika kembali ke Indonesia. Bahkan bangunan - bangunan bersejarah di Cikini, seperti rumah sakit Cikini & kawasan Taman Ismail Marzuki adalah bekas tanah milik beliau.
Sekilas biografi Raden Saleh
Berikut adalah lukisan - lukisan beliau yang saya ambil dengan kamera telepon genggam. 

Tulisan tangan Raden Saleh

                  Lukisan potret diri Raden Saleh :                                    
             
                                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar